The Maine - Into your arms

Sabtu, 10 Maret 2012

Jaringan Komputer

Pengertian
 Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang saling terhubung untuk berbagi informasi atau berbagai layanan. Berbagai informasi berarti bahwa informasi dapat diperoleh dari komputer mana saja. Sebagai contoh, komputer yang terhubung jaringan internet dapat memperoleh informasi yang berasal dari komputer lain yang berada ribuan kilometer jauhnya. Sementara itu, berbagai layanan berarti bahwa sebuah komputer bisa meminta suatu layanan yang tersedia pada komputer lain. Sebagai contoh, printer yang terpasang di salah satu komputer dapat dipergunakan oleh komputer lain

Tipe

ada dua model hubungan dalam jaringan komputer, yaitu peer to peer dan client/server
Peer to Peer

a. Peer to Peer 
Peer to peer merupakan model jaringan yang memberikan kedudukan uang sama terhadap semua komputer yang berhubungan. Model jaringan ini memungkinkan suatu komputer menyediakan sumber daya yang ada untuk dipakai oleh komputer yang lain. Pada jaringan ini komputer dapat berfungsi sebagai klien maupun server pada waktu yang sama. Model ini biasa diterapkan pada jaringan lokal, dengan jumlah terminal akses yang relatif sedikit.

b. Client/Server

Client/Server
Pada model client/server, ada komputer atau peranti yang berkedudukan sebagai server dan ada yang berkedudukan sebagai klien (client). Client adalah komputer yang meminta layanan (bisa berupa data atau perangkat keras seperti printer), sedangkan server adalah komputer suatu peranti yang melayano permintaan client. Biasanya, server berupa perangkat keras komputer yang dilengkapi perangkat lunak khusus.

Beberapa contoh fungsi server antara lain file server, print server, web server, dan mail server. File server menangani berkas yang dapat diakses oleh client. Print server bertindak sebagai pengontrol printer yang memungkinkan printer dapat digunakan oleh sejumlah client. Web server menangani halaman - halaman Web yang dapat diakses oleh browser. Mail server menangani surat elektronis, Sebuah komputer dapat menjadi sejumlah server sekaligus, misalnya sebagai mail server dan sekaligus sebagai web server.

Sumber : Buku PR TIK hal 12-13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar