The Maine - Into your arms

Sabtu, 10 Maret 2012

World Wide Web / WWW

Pengertian World Wide Web / WWW

Sistem pengaksesan informasi di dalam internet yang paling terkenal yaitu world wide web ( WWW) atau biasa dikenal dengan nama singkat web. Pada tahun 1990 World Wide Web diluncurkan di Conseil European Pour Ia Recherce Nucleaire (CERN), sebuah organisasi riset nuklir Eropa. Tepatnya berada di Jenewa, Swiss. Seorang ahli komputer yang bernama Sir Tim Beneers-Lee yang menemukan aplikasi World Wide Web. Ahli komputer tersebut dilahirkan di London pada tanggal 8 Juni 1955. Pada awalnya aplikasi tersebut untuk menciptakan media yang mudah untuk berbagi informasi di antara para fisikawan dan ilmuwan. Namun, hebatnya Sir Tim Beneers-Lee tidak pernah mematenkan hasil karyanya sehingga anda bisa memakai aplikasi WWW dengan bebas. Aplikasi tersebut memungkinkan halaman internet menampilkan teks, gambar, animasi, audio, dan video. Dengan demikian, web menjadi sarana menarik untuk menyajikan informasi secara interaktif.

Sebuah halaman internet biasa disebut sebagai webpage. Sementara itu, kumpulan dari beberapa webpage yang saling berhubungan disebut website atau situs. Web menggunakan protokol yang disebut Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) yang berjalan pada TCP/IP. Adapun dkumen web ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ). Dokumen ini diletakan dalam web server ( server yang melayani permintaan halaman web) dan diakses oleh klien ( pengakses informasi) melalui perangkat lunak yang disebut web browser atau sering disebut browser saja. Sekarang telah dikembangkan berbagai format lain untuk website. Format tersebut antara lain dengan Dynamic Hyper Text Markup Language (DHTML), Extensible Markup Language (XML), dan Active Server Pages (ASP). Format-format tersebut berisikan kode (syntax) untuk menyusun sebuah web. Kode-kode tersebut mengatur teks, gambar, animasi, serta audio dan video yang ditampilkan pada sebuah halaman web.

Pada webpage juga dikenal adanya hyperlink atau link. Hyperlink atau link dapat menghubungkan setiap webpage dengan webpage lainnya atau dengan website yang lainnya. Pada sebuah webpage, link biasanya berupa teks atau gambar yang ditampilkan berbeda dengan lainnya. Link biasanya ditandai dengan garis bawah atau diberi warna biru.

Sumber : Buku PR TIK hal 70

Tidak ada komentar:

Posting Komentar